Cara Mengobati Penyakit Pankreas Dengan Cepat

Cara Mengobati Penyakit Pankreas Dengan Cepat

Pankreas merupakan salah satu organ atau bagian tubuh yang terletak di belakang lambung dan dibawah tulang iga. Pankreas memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh dimana fungsinya untuk memproduksi enzim-enzim sebagai pencerna karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan. Berbagam obat pankreas dari bahan herbal alami atau dari bentuk pola makan bisa menjadi alternatif pengobatan penyakit pankreas.

Namun demikian banyak sekali orang yang mengalami gangguan pada pankreasnya. Sebagai dampak dari pankreasnya yang mengalami gangguan maka kondisi tubuhnya tidak ada keseimbangan yang mengganggu kesehatannya. Umumnya gangguan pankreas ini berdampak pada suatu penyakit yang bernama diabetes.

Gangguan pankreas menurut para ahli kedokteran atau dalam dunia medisnya sering disebut dengan pankreatitis. Pankreatitis merupakan peradangan yang terjadi di dalam pankreas sehingga pankreas tidak bekerja atau tidka berfungsi dengan baik. Penyakit pankreas atau pankreatitis sendiri terdapat 2 jenis yaitu pankreas akut dan pankreas kronis.

Pankreas akut yaitu peradangan pada pankreas yang terjadi dalam waktu singkat. Pankreas akut bisa dikatakan tahap awal atau bisa juga gangguan yang sebentar yang tidak begitu membahayakan. Sedangkan pankreas kronis yaitu peradangan pada organ pankreas yang terjadi dalam waktu cukup panjang atau lama. Pankreas kronis ini termasuk kondisi serius yang harus segera diatasi dan bila kondisinya terus memburuk dapat meningkatkan resiko kanker pankreas.

Penyebab penyakit pankreas atau pankreatitis bisa terjadi oleh beberapa faktor. Pertama bisa diakibatkan oleh kebiasaan mengkonsumsi alkohol, zat di dalam alkohol ini mencemari enzim-enzim hasil produksi pankreas. Akibat dari terkontaminasinya enzim-enzim hasil prodik pankreas untuk mencerna makanan justru berubah dan berbalik arah menjadi mencerna pankreas sehingga terjadi peradangan pankreas.

Bisa disebabkan oleh penyakit batu empedu, batu empudu yang terdapat didalam kantong empedu bila dibiarkan dan diabaikan begitu saja kemungkinan besar batu tersebut dapat masuk ke saluran pankreas dan terjadi penyumbatan pankreas. Penyumbatan itulah yang dapat menyebabkan peradangan pankreas atau penyakit pankreas (pankreatitis).

Penyakit pankreas bisa diderita oleh semua kelompok usia, namun sering terjadi pada kelompok usia menengah hingga tua. Pada laki-laki biasanya diakibatkan oleh konsumsi minuman beralkohol sedangkan pada perempuan diakibatkan oleh batu empedu. Tapi ada juga laki-laki menderita penyakit pankreas karena batu empedu.

Resiko tertinggi terkena penyakit pankreas berat atau kronis adalah mereka yang berusia di atas 70 tahun baik itu pria ataupun wanita. Selain itu orang yang perokok, pecandu minuman beralkohol, dan memiliki kolesterol tinggi yang dapat menimbulkan batu empedu juga dapat menjadi penyebab awal penyakit pankreas.

Penyakit pankreas tidak bisa diabaikan dan harus mendapatkan perhatian serius sebab berbagai komplikasi dapat menyertainya. Seperti ganguan pencernaan, salah satu dari fungsi dari pankreas ialah untuk membantu mencerna makanan dengan adanya peradangan pada pankreasn otomatis akan mengganggu sistem pencernaan.

Bila sudah menderita pankreatitis kronis sangat beresiko terjadi kanker pankreas, enzim-enzim yang berbalik arah malah mencerna organ pankreas sendiri dalam kurun waktu lama akan membentuk sel-sel ganas hingga berdampak pada kanker pankreas.

Gula darah tinggi dan diabetes, pankreas juga memberi peran dalam memproduksi insulin. Insulin ini berfungsi untuk mengontrol kadar gula di dalam darah bila pankreas ini bermasalah maka produksi insulin terhambat dan berkurang. Berkurangnya insulin berdampak pada kadar gula di dalam darah tidak melambung tinggi dan meninggkat melebihi batas normalnya.

Jika sudah demikian kadar gula darah tinggi melebihi batas kenormalannya atau bahkan sangat jauh dari batas normalnya maka penyakit yang dapat terjadi ialah diabetes. Pasti semua orang tahu bahwa diabetes adalah penyakit kronis yang sangat membahayakan penderitanya.

Cara Mengobati Penyakit Pankreas Dengan Cepat

Gangguan pada pankreas atau penyakit pankreas dapat menimbulkan berbagai gejala seperti sakit pada perut, demam, dan diare. Tidak hanya itu juga dapat menibulkan berbagai komplikasi seperti gangguan pencernaan, gula darah tinggi (diabetes) sampai dengan kanker pankreas. Kesehatan pankreas tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatannya untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Cara mengobati penyakit pankreas secara alami dan juga untuk melindungi kesehatan pankreas ada beberapa bahan alami yang bisa dikonsumsi sebagai metode pengobatannya. Beberapa diantaranya dengan menggunakan bawang putih, salah satu jenis sayuran dari bawang-bawangan ini mengandung  senyawa sulfur, arginine, selenium, dan flavonoid yang bisa mencegah komplikasi dari kanker pankreas.

Bayam pilihan lain untuk pengganti obat pankreas, bayam merupakan pilihan terbaik untuk pankreas yang sehat. Sebuah penelitian dalam Journal of the National Cancer Institute menunjukkan bahwa mengonsumsi bayam dan sayuran lainnya sangat baik untuk kesehatan pankreas dan menjaga dari berbagai masalah pada pankreas.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Wisconsin School of Medicine and Public Health, ada sebuah makanan probiotik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan bakteri baik dalam tubuh yaitu bernama yogurt. Yogurt mengandung bakteri aktif yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menurunkan risiko penyakit pankreas.

Sayuran hijau bernama brokoli efektif menjadi terapi efektif obat pankreas yang alami dan tradisional. Brokoli diketahui mengandung flavonoid bernama apigenin yang bermanfaat untuk melindungi jaringan pankreas. Agar bisa memperoleh banyak manfaat dari sayuran brokoli lebih disarankan untuk mengkonsumsinya secara mentah-mentah, atau kalau dimasak lebih baik dikukus ringan saja jangan terlalu lama.

Jikalau menyukai umbi-umbian ada sebuah ubi yang memiliki mafaat untuk melindungi pankreas dan membantu pelepasan gula secara berkala dalam tubuh. Selain itu juga bisa melindungi sistem pencernaan tetap dalam kondisi prima. Ubi tersebut bernama ubi jalar, selain nikmat disantap juga banyak khasiatnya terutama untuk mengobati pankreas yang bermasalah atau pankreatitis.

Penyakit pankreas merupakan gangguan yang dapat berdampak luas pada penyakit lainnya dan bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan tubuh sehingga tidak bisa mengabaikan penyakit ini. Tidak main-main bila kesehatan pankreas terganggu komplikasi atau dampaknya bisa gangguan pencernaa, diabetes hingga kanker pankreas. Semua orang sudah tau penyakit diabetes dan kankre, kedua penyakit ini merupakan penyakit yang sangat membahayakan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *