Cara Mengobati Sakit Telapak Kaki Saat Berjalan Yang Mudah

Obat Sakit Telapak Kaki

Ketika berjalan mengalami sakit di telapak kaki pasti sangat tidak mengenakan. berjalan menjadi terpincang-pincang menahan rasa sakit, bisa digian atas (depan) telapak kaki, tengah atau belakang. Terkadang keluhan tersebut membuatnya terganggu sampai mencar-cari obat untuk menghilangkan sakit telapak kaki saat berjalan tersebut.

Keluhan sakit atau nyeri di telapak kaki bisa dirasakan dibagian sebelah kanan ataupun sebelah kiri. Ternyata sebetulnya telapak kaki sakit tersebut bisa menjadi tanda dari ciri khas dari peradangan pada ligamen yang menyangga lengkungan kaki. Keluhan tersebut bisa dirasakan ketika berjalan atau bbergerak aktif ataupun pada saat bangun dari tidur atau saat bangun dari duduk yang cukup lama.

Di dalam telapak kaki mulai dari tumit sampai dengan bagian jari-jari kaki ada sebuah jaringan atau ligamen yang menyangga lengkung kaki atau penghubung antara tulang tumit ke tulang jari kaki yang disebut dengan plantar fascia.

Bila seandainya ligamen penyangga lengkungan kaki bernama plantar fascia terlalu sering teregang lambat laun dapat lemah, membengkak, dan mengalami peradangan atau meradang. Peradangan pada ligamen yang menyangga lengkungan kaki dalam istilah medisnya biasa disebut dengan plantar fasciitis.

Dampak yang ditimbulkan plantar fasciitis dapat berupa sakit telapak kaki baik disaat berdiri ataupun bergerak atau berjalan, disaat ketika bangun tidur atau disaat bangun dari duduk lama. Bisa dikatakan kemungkinan sakit telapak kaki tersebut merupakan keluhan dari plantar pasciitis.

Plantar fasciitis disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain banyak melakukan aktivitas yang bertumpu pada tumit, misalnya berlari jarak jauh, menari balet, atau aerobik. Faktor penyebab lain antara lain kegemukan, pekerjaan yang banyak bertumpu pada kaki, atau sepatu yang tidak cocok.

Banyak sekali yang beranggapan gejala sakit telapak kaki bisa sembuh dengan sendirinya tanpa ada pengobatan apapun. Sehingga cukup banyak orang yang mengabaikannya, padahal rasa sakit pada telapak bisa saja pertanda adanya masalah atau kelainan medis seperti plantar facitiis yang mungkin saja bisa berubahan kondisi menjadi serius.

Cara Mengobati Sakit Telapak Kaki Saat Berjalan Yang Mudah

Meskipun memang keluhan sakit telapak kaki termasuk kondisi umum dialami oleh banyak orang. Tetapi tetap saja harus ada perhatiannya dan harus ada kewaspadaan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tentu lebih baik untuk mengatasinya dengan cepat.

Untuk mengatasinya tanpa harus melibatkan obat sakit telapak kaki baik berjenis obat medis ataupun obat herbal alami non medis. Beberapa metode cara mengobati sakit telapak kaki saat berjalan dengan cepat yang mudah seperti berikut ini.

Langkah pertama coba kompres dingin pada telapak kaki yang sakit dengan menggunakan es batu yang dibungkus handuk menjadi bantalan dingin. Tujuannya untuk mengurangi peradangan, mengurangi perdarahan ke dalam jaringan yang meradang dan mengurangi jaringan ligamen yang tegang dengan bantuan es yang dingin.

Kemudian coba lakukan peregangan dengan bantuan kursi, duduk tegak di atas kursi dan kaki menapak rata di lantai. Lalu angkat salah satu kaki ke atas dan letakkan di salah satu paha, lalu pijat lembut telapak kaki yang sakit menggunakan jari tangan untuk meregangkan dan membuatnya lebih relax.

Metode ini dapat membantu meredakan dan menghilangkan sakit telapak kaki secara alami dan tanpa adanya konsumsi obat sakit telapak kaki jenis apapun. Tentunya lebih aman dibandingkan dengan konsumsi obat dengan resiko efek samping yang ditimbulkan oleh obat itu sendiri.

Untuk dapat mencegah agar tidak memperparah keadaan caranya pilih sepatu yang pas dengan ukuran kaki. Dengan memakai sepatu yang cocok dan pas di kaki ini dapat menghindari keluhan sakit tumit dari kondisi keparahan dan kekronisan.

Beragam bahan herbal alami juga dapat membantu mengatasi sakit telapak secara alami dan lebih aman. Mengkonsumsi makanan dengan kalium tinggi atau yang menjadi sumber kalium seperti ubi jalar, pisang, salmon, ayam, jus jeruk, susu rendah lemak dan lainnya dapat membantu menghilangkan sakit telapak kaki.

Konsumsi juga makanan dengan sumber magnesium tinggi seperti brokoli, alpukat, tahu, kacang almond, kacang mede, cokelat hitam dan lainnya. Beragam bahan herbal alami merupakan metode yang dapat digunakan untuk obat nyeri telapak kaki yang lebih aman dan tidak perlu mengkhawatirkan efek sampingnya.

Banyak sekali yang beranggapan gejala sakit telapak kaki bisa sembuh dengan sendirinya tanpa ada pengobatan apapun. Sehingga cukup banyak orang yang mengabaikannya. Namun demikian tetap saja harus ada perhatiannya dan harus ada kewaspadaan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *